Fadilah / Manfaat & Keutamaan Surat Yasin

Fadilah / Manfaat & Keutamaan Surat Yasin - Surat Yasin adalah surat dalam Alqur'an yang diturunkan di kota mekah atau dukenal dengan surat makiyyah , surat yasin sendiri memiliki fadilah serta keutamaan yang bisa menjadikan pembacanya mendapatkan berkah dari membaca surat yasin ini dan surat yasin sendiri sering dibacakan ketika ada yang sedang menghadapi sakaratul maut. Surat Yasin juga seringkali dilantunkan setiap malam jum'at.
Biasanya Surat Yasin ini dibaca setelah selesai sholat
magrib, baik secara berjama'ah di masjid dan/atau di
mushola maupun dibaca sendirian saat di rumah. Dari beberapa pengamalan surat yasin tersebut tentu ada fadhilah, hikmah dan keutamaan surat yasin yang sangat luar biasa.

Dan dari sebagian ulama juga seringkali dijadikan doa setelah shalat fardhu , dibaca 3 kali selesai shalat maka InsyaAllah semua keinginan anda akan dikabulkan ALLAH SWT dan masih banyak fadilah dan keutamaan dari Surat Yasin yang bisa anda dapatkan.

Keutamaan Surat Yasin



1. "Segala sesuatu mempunyai jantung (hati), sedang jantung Al-Qur’an adalah surah Yasin, dan siapa saja yang membaca surah Yasin Allah swt. mencatat bacaannya seperti bacaan Al- Qur’an sepuluh kali" (Ad-Darimiy, At-Turmudzi dan Anas ra. dan Kanzul-Umal, Juz 112624)

2. "Siapa membaca surah Yasin setiap malam ia
diampuni" (Al-Baihaqy dalam Syi’abil Iman dan Abu Hurairah ra. dan Kanzul-Umai, Juz 1/2625)

3. "Siapa membaca surah Yasin di waktu malam, maka di waktu shubuh ia menjadi orang yang mendapatkan ampunan"
(Abu Nu’aim dalam Al-Chilyab dan lbnu Ma’ud ra.
dan Kanzul-Umal, Jua 112626)

4. "Siapa saja membaca surah Yasin untuk mencari ridha Allah swt., maka Allah swt. mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu, maka bacalah itu oleh kalian di sisi orang-orang mati kalian" (Al-Baihaqy dalam Syi’abil Iman dan Mu’qil bin
Yasar ra. dan Kanzul Umal, Juz 112629)

5. "Tiada seorang akan mati, lalu dibacakan surah Yasin di sisinya, kecuali AIIah swt. memudahkan kematiannya" (Abu Nu’aim dan Abu Danda’ dan Abu Dzar ra. dan Kanzul-Umal, Juz XV/42 186)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar